Minggu, 10 Oktober 2010

Mendefinisikan Definisi

Kalo seseorang ditanya: Dimana batas Indonesia?
Kemudian dijawab: Indonesia dibatasi oleh 4 arah mata angin.
Jawaban ini tidak akan pernah menerangkan atau membuat pertanyaan menjadi lebih jelas. Sebaliknya, sesuatu yang ingin diperjelas menjadi tetap kabur karena pertanyaan akan definisi dijawab dengan sesuatu yang membutuhkan definisi lagi. Ringkasnya, definisi dijawab dengan tambahan definisi.
Menurut wikipedia: A definition is a formal passage describing the meaning of a term (a word orphrase).

Jadi kata kuncinya ada di “meaning”. Sesuatu itu dianggap terdefinisikan jika telah memiliki arti yang jelas. Semakin tidak ambigu suatu arti (meaning) yang dipunyai objek, makin bagus pendefinisian objek itu.
Semakin populer suatu arti itu diketahui khalayak luas, semakin mudah dipahami pula suatu definisi itu. Semakin terukur suatu arti (jika butuh ukuran) akan semakin mantab.
sekumpulan definisi juga bisa saling diadu. Si pemenang adalah yang mampu memberi informasi terbanyak dan paling bisa membuat terang
Jika pertanyaan soal batas Indonesia ini dijawab seperti ini:  6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBT,
Maka jawaban ini akan memberikan lebih banyak makna dan informasi atas pertanyaan terdahulu. Meskipun lintang dan bujur akan meminta definisi juga, akan tetapi ini adalah konsep yang sudah well-known atau proven atau quantified dan terukur.
Kejelasan akan definisi turut berguna tatkala seseorang mesti menilai suatu objek atau fenomena. Penilaian akan akurat jika batasan atau alat penilainya telah terdefinisikan dengan baik (antara lain punya parameter-parameter yang jelas).
Jika semua jelas, hasil penilaian pun akan sahih. Ketika di masa datang timbul sengketa, penyelesaian sengketa juga dapat disandarkan pada definisi/parameter yang paten. Akhirnya sengketa selesai baik, semua senang dan gembira.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar